Intens Bangun Dunia Pendidikan, Unima-UNG Jalin Kerja-Sama


Tondano, MX

Tondano, Pertemuan kerja sama dibidang pendidikan kembali dilakukan Universitas Negeri Manado (Unima). Kali ini Rektor Unima Prof Dr Deitje Katuuk bertemu Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Rektor Dr Eduart Wolok bersqma tim rombongan di Kantor Pusat Unima, Senin (5/10).

Disampaikan orang nomor satu di Kampus Biru ini, civitas akademika Unima patut berbangga karena kunjungan sekaligus kerjasama di bidang pendidikan nanti merupakan momentum penting dalam membangun kembali tonggak sejarah perkembangan dan pengembangan kedua institusi ini.

"Melalui kerjasama ini tentu secara bersama-sama kita dapat saling berbagi," ungkap Prof Dei.

Tentunya, lanjut Prof Dei, perisitwa ini tentu sangat menggembirakan kita semua, karena kembali mengenang, membuka dan memperkuat tali

persaudaraan serta hubungan historis antara Unima dan UNG. 

"Perjalananan panjang dua universitas ini menunjukkan UNG merupakan bagian terpenting dari perkembangan dan pengembangan Unima sejak waktu lalu, hingga saat ini, dan di masa depan," tuturnya.

Katuuk menjelaskan pengalaman bagaimana membangun institusi yang lebih maju. Hari ini kita tidak

hanya berbagai pengalaman tetapi juga bertekad untuk membangun sebuah komitmen untuk membangun bersama, bekerja bersama dan maju bersama. 

"Sehingga baik Unima maupun UNG akan berada pada garis

terdepan di jajaran perguruan tinggi yang maju, baik di wilayah timur Indonesia, nasional maupun dunia," ujarnya.

Selain itu, menurut Katuuk komitmen membangun bersama, bekerja bersama dan maju bersama merupakan komitmen visi Unima ke depan yaitu Unima unggul, inovatif berdasarkan mapalus. Ini merupakan lokal wisdom masyarakat di Sulawesi Utara yang bermakna gotong royong. 

"Juga merupakan sebuah sistem kerja yaitu bekerja bersama dan bersama-sama bekerja. Dalam perspektif global mapalus mengandung makna global collaboration," sebutnya.

Lebih lanjut Prof Dei menjelaskan, Unima Mapalus ini menjadi program strategis pengembangan kampus ini ke depan. Tidak hanya MoU, tetapi juga MoA berupa kegiatan-kegiatan konkret yang akan dilakukan bersama. 

"Kerjasama antar perguruan tinggi sudah menjadi kebutuhan

mendasar bagi kemajuan dan sekaligus menjadi ukuran mutu suatu perguruan tinggi," sebutnya.

Kerjasama itu tentu haruslah mencakup tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Banyak program dan kegiatan yang dapat kita lakukan bersama yang membutuhkan kerjasama. 

Sementara itu, Katuuk menambahkan, dalam rangka implementasi kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka kerjasama ini sangat strategis dan merupakan langkah strategis dalam bersama-sama mengimplementasikan kebijakan Merdeka belajar-Kampus Merdeka. 

"Saya sangat percaya bahwa kerjasama ini akan membawa kedua perguruan

tinggi ini mampu meningkatkan kinerja dan daya saing, baik pada tingkat wilayah, nasional bahkan global," pungkasnya.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut Rektor UNG Dr Eduart Wolok mengucapkan terima kasih kepada civitas akademika Unima yang telah menerima kunjungan timnya. "Terima kasih atas sambutan dari Rektor Unima Prof Dr Deitje Katuuk bersama jajaran yang sangat luar biasa," ungkap orang nomor satu di UNG ini.

Dirinya menambahkan, banyak hal yang telah dibicarakan berkaitan dengan kerjasama di bidang pendidikan bahkan sudah melakukan penandatanganan MoU antara Unima dan UNG. Kedepan, diharapkan akan terus terbangun hubungan yang baik ini, sehingga semua rencana dan upaya dalam peningkatan mutu dan kualitas pendidikan serta sarana prasarana penunjang akan lebih baik. (Imanuel Kaloh)