Sualang: Ada Yang Berbeda di Prioritas Penggunaan DD 2021


Amurang, MX

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), menggelar rapat koordinasi bersama Camat, Hukum Tua, dan BPD se-Kabupaten Minsel, Selasa (12/1), di Aula Waleta Kantor Bupati Minsel. Rakor tersebut dilakukan dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang baik dan terarah serta untuk mempercepat pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2021.

Altin Sualang, Sekertaris Dinas PMD Minsel, membeberkan ada sesuatu yang baru dalam prioritas penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2021 ini. Mengacu pada Permendes 13 tahun 2020, ada sedikit perbedaan dalam penyusunan RKPDes dan APBDes.

"Jika pada tahun-tahun sebelumnya prioritas penggunaan Dana Dsudah diatur terinci dalam Peraturan Menteri Desa, pada tahun 2021 desa harus terlebih dahulu melakukan musyawarah menetapkan prioritas penggunaan Dana Desa sebelum melakukan penyusunan RKPDes mengacu pada SDGs Desa berdasarkan kewenangan desa," katanya.

"Artinya desa sendiri yang menetapkan prioritas melalui musyawarah desa mengacu pada peraturan yang ada," papar Sualang.

Sementara itu, untuk kewenangan desa telah diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) nomor 31 tahun 2018 tentang kewenangan desa.

"Jadi desa menganggarkan kegiatan berdasarkan program SDGs yang mengacu di kewenangan desa. Contohnya begini, misalnya ada kegiatan SDGs peduli pendidikan. Tentu kalau di bilang peduli pendidikan berdasarkan kewenangan desa, desa mempunyai kewenangan di pendidikan sampai dengan pendidikan anak di usia dini. Tentu harus berketerkaitan jangan sampai karena so bilang SDGs pendidikan kong sampai pendidikan SMA atau anak kuliah. Itu so bukan kewenangan desa. Itu maksudnya dari SDGs dan kewenangan desa," jelasnya.

Diketahui, dalam Permendes 13 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan Dana Desa, ada 18 SDGs Desa atau sustainable development goals. Sederhananya SDGs adalah tujuan pembangunan berkelanjutan yang ditargetkan pemerintah dicapai pada tahun 2030. 

Ke-18 SDGs desa itu adalah: Desa Tanpa Kemiskinan, Desa Tanpa Kelaparan, Desa Sehat dan Sejahtera, Pendidikan Desa Berkualitas, Keterlibatan Perempuan Desa,  Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi, Desa Berenergi Bersih dan Terbarukan,  Pertumbuhan Ekonomi Desa Merata, Infrastruktur dan Inovasi Desa sesuai Kebutuhan, Desa Tanpa Kesenjangan, Kawasan Permukiman Desa Aman dan Nyaman, Konsumsi dan Produksi Desa Sadar Lingkungan, Tanggap Perubahan Iklim, Desa Peduli Lingkungan Laut, Desa Peduli Lingkungan Darat, Desa Damai Berkeadilan, Kemitraan untuk Pembangunan Desa, Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif. (Fendi Setlight)

 

 



Sponsors

Sponsors