Daipaha Ingatkan Transparansi Realisasi Dandes Setiap Desa


Langowan, MX
Pengelolaan keuangan Dana Desa (DD) dinilai sangat sensitif. Realisasi pemanfaatan dan pemberdayaan dana harus dimplementasikan secara transparan. Hukum Tua (kepala desa maupun perangkat desa kemudian diimbau agar jangan sampai terjadi penyalagunaan dana tersebut. Pihak kepolisian serta instansi terkait turut dalam pengawasannya.
 
Imbauan tersebut dikatakan Kapolsek Langowan, Dharta Daipaha saat memberikan materi pada sosialisasi DD di Desa Toraget, Kecamatan Langowan.
 
"Intinya dana ini sangat bersentuhan dengan masyarakat, diperlukan keterbukaan dalam pengelolaan anggaran di setiap desa," kata Daipaha dalam materinya, Jumat akhir pekan.
 
Menurutnya, dana desa (dandes) harus benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Baik realisasi fisik maupun pemberdayaan lainnya. Dipastikan kepolisian melalui Babinkamtibmas akan mengawasi serta menindaklanjuti jika ada laporan penyimpangan dandes.
 
Di sisi lain dia berharap peran serta partisipasi masyarakat juga sangat penting, untuk turut mengawasi juga agar pemanfaatan DD benar-benar sebaik mungkin sebagaimana ketentuan yang berlaku.
 
"Masyarakat harus awasi agar dananya bisa tersalur dengan baik. Sinergitas kepolisian, pihak terkait dan masyarakat dapat menunjang terwujudnya transparasi pengelolaan dandes," tutupnya. (Manuel)



Sponsors

Sponsors