Kurang Perhatikan Aspirasi DPRD, Lombok Warning Dikda Sulut


Manado, MX
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut) memperingatkan penyusunan program dan anggaran di Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Provinsi Sulut. Wakil rakyat Gedung Cengkih mengingatkan Dikda Sulut agar memperhatikan aspirasi para anggota dewan.
 
Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD Sulut, Billy Lombok, yang adalah Koordinator Komisi IV DPRD Sulut. Lombok memberikan contoh, saat ini ada kebutuhan untuk anak-anak sekolah yang melakukan pembelajaran jarak jauh.
 
"Saya sempat berbicara dengan Ketua Sinode GMIM, dia katakan, ini anak-anak ingin difasilitasi laptop dorang, kan belajar daring. Apakah dari APBD atau APBN mungkin bisa diperhatikan ibu kepala dinas," kata Lombok saat rapat pembahasan antara Komisi IV DPRD Sulut dengan Dikda Provinsi Sulut, belum lama ini, di ruang rapat komisi IV. 
 
Lombok yang juga politisi Partai Demokrat mengkritisi soal kebiasaan bahwa apa yang sudah disusun dinas maka anggarannya sudah tidak bisa bergerak lagi. Menurutnya, kalau seperti itu tidak ada ruang untuk aspirasi dari anggota dewan. 
 
"Maka di mana proses dari DPRD untuk bisa sampaikan aspirasi. Barangkali ada dari teman-teman (anggota dewan, red) kegiatan untuk bisa memberikan aspirasi," tuturnya.
 
Lebih lanjut, seharusnya mungkin ada rekan-rekan Komisi IV yang bisa memberikan merek-merek kegiatan. Misalnya supaya bisa jadi aspirasi untuk jadi ruang gerak anggota dewan sebagai pertanggungjawaban ke masyarakat. 
 
"Ini anggaran (di Dikda Sulut, red) Rp1,1 triliun. Torang turun di dapil sedangkan mo bantu sekolah pe pagar kemudian kita tidak bisa bantu. Kemudian ada sekolah yang sudah tidak pernah dicat tapi kita tidak bisa bantu. Atau sudah tidak ada alat peraga kan kita malu di Komisi Empat," ucapnya.
 
"Saya sebagai Koordinator Komisi Empat, turun reses bicara susah, sulit karena apa yang sudah disusun dinas sudah tidak dirubah-rubah. Padahal sejatinya hak penganggaran ada di DPRD," tandasnya. (Eka Egeten)



Sponsors

Sponsors