Panambunan Desak Dinkes Perhatikan ODGJ di Jalan


Manado, MX
Kondisi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di jalanan mendapat perhatian Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut). Wakil rakyat Gedung Cengkih meminta instansi terkait untuk memberikan kepedulian terhadap keadaan mereka. 
 
Hal tersebut disampaikan anggota Komisi IV DPRD Sulut, Johny Panambunan saat rapat dengar pendapat dengan (RDP) Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulut, Senin (11/7), di ruang rapat serba guna. Ia menyampaikan, ada banyak orang gila yang hanya di jalan terus.
 
"Ada orang gila seperti di Bitung banyak yang cuma bajalang ke sana kemari," kata Panambunan.
 
Ia pun meminta supaya pemerintah memperhatikan keadaan mereka. Jangan hanya dibiarkan. 
 
"Bagaimana mengurus mereka, cuma bajalan terus. Kadang kasian mereka hujan-hujanan. Apakah tidak ada penanganan," ucap politisi Partai Demokrat ini.
 
Wakil rakyat daerah pemilihan Minahasa Utara dan Kota Bitung ini mendesak, dicarikan solusi. Supaya mereka diperhatikan dan jangan hanya dibiarkan. 
 
"Perlu ada koordinasi dengan pemerintah kota. Untuk barangkali bisa menyembuhkan mereka," pintanya.
 
Di samping itu ia menyorot soal pelayanan di rumah sakit mata yang ada di Sulut. Ia mengkritisi waktu pelayanan yang harus datang subuh-subuh. 
 
"RS mata banyak sekali yang mendaftar jadi musti datang jam 3 pagi. Sudah harus datang di sana.  Pigi di sana jam 3, bayangkan bukan main mo batunggu," tuturnya. (Eka Egeten)



Sponsors

Sponsors