Jelang Pengucapan, Harga dan Stok Kebutuhan Bapok di Pasar Kawangkoan Stabil


Kawangkoan, MX

Menjelang pengucapan syukur yang akan digelar pada Minggu 25 September 2022 mendatang, ketersediaan stok kebutuhan Bahan Pokok (Bapok) di pasar tradisional Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, sangat signifikan.

Tingginya ketersediaan Bapok justru membuat harga berbagai jenis bahan merosot. Misalnya ayam potong, dari harga 35 sampai 40 ribu rupiah perkilogramnya turun menjadi 20 ribu rupiah. Sedangkan harga cabai dari rata-rata 70 sampai 80 ribu rupiah perkilogram, menjadi 50 ribu rupiah.

Hal ini diungkapkan Kepala Pasar Kawangkoan, Meidy Moniung. Ia menuturkan, untuk stok serta harga barang di pasaran masih stabil dan belum mengalami lonjakan kenaikan.

“Biasanya jelang pengucapan terjadi kenaikan harga, namun saat ini harga barang baik sembako, daging dan bumbu masakan masih stabil. Stok atau kebutuhannya pun terjaga dan tersedia mencukupi kebutuhan warga, bahkan beberapa jenis harga menurun,” kata Moniung kepada jurnalis Manado Xpress, Kamis (22/9).

Ia memberitahu, saat menyongsong pengucapan seperti ini, pasar Kawangkoan selalu ramai dengan pengunjung untuk datang berbelanja berbagai kebutuhan pokok.

“Jelang pengucapan, ramainya pasar sudah menjadi kebiasaan warga. Jadi jangan heran jika pasar Kawangkoan di padati warga pembelanja,” tukasnya.

Diketahui, pantauan media ini pengunjung di pasar tersebut di padati bukan hanya masyarakat setempat, tetapi juga datang dari sejumlah luar area Kawangkoan. Diprediksi kepadatan pasar akan terjadi hingga sabtu pekan ini. (Baim)