DPRD Boltim Gelar Paripurna Penyampaian Dua Ranperda


Tutuyan, MX

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar rapat paripurna penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022 serta Ranperda tentang pengelolaan keuangan daerah.

Agenda yang dihelat diruang paripurna DPRD pada Senin (26/9) itu, dipimpin langsung Ketua DPRD Boltim Fuad Landjar dan di dampingi para pimpinan DPRD, Medy Lensun dan Muhammad Jabir.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Boltim Fuad Landjar mengatakan, penyampaian Ranperda tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2022 merupakan rangkaian proses penganggaran berdasarkan pembahasan yang telah di lalui antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) dan Badan Anggaran (Banggar) DPRD dalam menentukan perumusan program dan kegiatan sesuai dengan arah pembangunan Kabupaten Boltim.

“Sesuai amanat undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, pasal 317 ayat 1 bahwa, kepala daerah mengajukan rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD sebagaimana dimaksud dalam pasal 316 ayat 1 disertai penjelasan dan dokumen pendukung kepada DPRD untuk memperoleh persetujuan bersama,” ujar Landjar.

 

Selanjutnya kata Fuad, terkait Ranperda pengelolaan keuangan daerah sebagai keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggung jawaban dan pengawasan keuangan daerah.

“Suatu proses holistik yang harus dilaksanakan secara detail untuk mengeliminir setiap potensi kekeliruan dalam pelaksanaannya. Untuk itu, perlu ada regulasi yang mengatur kewenangan tersebut,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Boltim mereka sangat mengapresiasi semua pihak terutama kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD Boltim yang telah mengagendakan rapat tersebut.

“Ini merupakan langka penting dan strategis dalam upaya mendorong Bolaang Mongondow Timur khususnya dari segi regulasi yang akan berdampak besar dalam pengambilan kebijakan pengelolaan segala sumber daya yang dimiliki secara legitimasi dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan, efektif dan efisien,” tutur bupati.

Ia pun berharap, seluruh usulan Ranperda yang disampaikan itu akan di tindaklanjuti sesuai mekanisme yang ada, sehingga akan melahirkan peraturan daerah yang baik, taat asas, dapat dilaksanakan, berkeadilan, mempunyai kepastian hukum serta dapat memberikan manfaat bagi pembangunan Boltim.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, atas kinerja dan kerja sama yang baik serta seluruh pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam menyukseskan rapat paripurna ini,” tandasnya.

Turut hadir pada agenda ini, Sekretaris Daerah (Sekda), Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan serta sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Boltim. (Gazali Ligawa)