Dana Balitbang Minim, Tumiwa: Ingat Ketum PDIP Penasehat Lembaga Penelitian di Indonesia


Manado, MX
Peningkatan sektor perekonomian masyarakat diragukan. Pasalnya, Bapelitbang yang diharapkan menyumbang penelitian guna meningkatkan mutu diplot dengan anggaran minim. Dewan provinsi (Deprov) Sulut ingatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov).
 
Hal ini dikatakan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut), Boy Tumiwa, Kamis (3/11), saat rapat pembahasan Rancangan APBD 2023 antara Banggar DPRD Sulut dan TAPD Pemprov Sulut, di ruang rapat Paripurna DPRD Sulut. Ia mengatakan, produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus bersaing dengan yang daerah lain.
 
"Misalnya dorang bekeng kripik dan sebagainya, adakah penelitian. Kemarin Komisi III rapat dengan Balitbang yang sebentar lagi menjadi BRIDA (Badan Riset Daerah), bagaimana mo maju dorang pe anggaran penelitian cuma 140 juta rupiah," kata Tumiwa yang juga Politisi PDIP Sulut.
 
"Selain itu, di pertanian apa yang mau diteliti, satu tahun yang lalu kita kekurangan bibit dan pupuk, saya sampaikan tingkatkan anggaran dalam penelitian sehingga dorang bisa teliti atau bekeng pupuk sendiri nyada mo beli di toko tapi hari ini anggaran Balitbang hanya 140 juta rupiah. Seharusnya torang so ada pisang Manado, nenas Manado, bukan lagi nenas Bangkok dan sebagainya," ujarnya.
 
Ditambahkannya, Manado sudah terkenal dengan produk UMKM, akan tetapi sekarang hilang. 
 
"Di tingkat nasional Ibu Ketua Umum PDIP penasehat lembaga penelitian di negara ini. BRIDA tinggal penyesuaian aturan, kong torang di sini notabene fraksi pemenang. Untuk menunjang penelitian yang ditetapkan, berat dengan anggaran hanya 140 juta rupiah," tandasnya. (Eka Egeten)