Dianggarkan 50 Unit, Program Perbaikan RTLH Digulirkan


Tomohon, MX

Bantuan stimulan perumahan swadaya tahun 2022 Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon mulai dilaksanakan. Sebanyak 50 unit program perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) telah dianggarkan di Dinas Perumahan Rakyat, dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Tomohon. Peletakan batu pertama dilakukan Walikota Caroll Joran Azarias Senduk di Kelurahan Pangolombian, Kecamatan Tomohon Selatan, Selasa (22/11).

Dalam sambutannya Senduk menjelaskan, kegiatan RTLH ini dilaksanakan untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Juga demi mengatasi tumbuh kembang permukiman kumuh di Kota Tomohon. Pun melalui program ini, pemerintah akan memberikan dukungan dana stimulan. Ini sebagai pendorong atau perangsang bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk peningkatan kualitas rumah swadaya dengan asas gotong royong.

"Kegiatan ini diharapkan bisa berjalan dengan baik. Bahkan mendapat dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah kota, dinas terkait, pemerintah kecamatan, dan kelurahan hingga masyarakat," tutur Senduk.

Dia mengajak, semua kelurahan yang mendapatkan bantuan program RTLH mesti ada kerja sama, serta dukungan dari pemerintah, gereja, dan seluruh masyarakat. Menurutnya, perbaikan RTLH ini merupakan anugerah Tuhan melalui pemerintah.

"Tahun ini hanya 50 unit. Mudah-mudahan ke depan bisa menjangkau lebih banyak lagi. Tentu diharapkan, program ini harus tepat sasaran. Diberikan kepada keluarga yang membutuhkan, dan layak untuk menerima bantuan ini," tandasnya.

Kegiatan peletakan batu pertama program RTLH ini dihadiri Kepala Dinas Perkim, Joice Taroreh, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Tomohon, Harriet Marzan, Camat, dan Lurah se-Kota Tomohon. (hendra mokorowu)